Arahan Gubernur, Vaksinasi Covid-19 di Kalteng Dijalankan dengan Metode Jemput Bola

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) di bawah komando Gubernur Sugianto Sabran terus berupaya melakukan percepatan vaksinasi di seluruh Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah guna mewujudkan herd immunity atau kekebalan masyarakat. Guna memastikan target vaksinasi tercapai, Pemprov Kalteng mendorong agar vaksinasi Covid 19 dilakukan dengan metode jemput bola. Hal itu seperti yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya di Tugu Soekarno, akhir pekan lalu (26/6/2021). "Kami berada di Tugu Sukarno dalam rangka memonitor kegiatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya. Hal ini sejalan dengan arahan Pak Gubernur pada kami, dan kami disuruh memonitor," kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Plt. Sekda) Provinsi Kalteng Nuryakin dalam keterangannya, Senin (28/6/2021).

Nuryakin mengapresiasi upaya percepatan vaksinasi yang telah dilakukan Pemko Palangka Raya dengan cara jemput bola di tempat tempat umum seperti pasar, pusat perbelanjaan, taman, dan ruang publik lainnya. Menurutnya, cara jemput bola ini efektif untuk mempercepat vaksinasi di Kalteng. "Ternyata ini sangat bagus, jadi kegiatan inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota bersama dengan Polres, Dinas Kesehatan, BPBD ini bisa menjadi contoh bagi Pemerintah Kabupaten/Kota yang berada di Kalimantan Tengah," ungkapnya. "Karena kan kita di faskes yang ada sudah terbuka semua, tapi kan tidak semua masyarakat itu bisa datang pagi, datang siang, atau mungkin kondisi pekerjaan, dia sekolah atau dia ada kegiatan lain. Nah sehingga jemput bola ini memang ini kita perlukan," imbuh Nuryakin.

Nuryakin berharap upaya percepatan vaksinasi tidak hanya dilaksanakan di tempat tempat tertentu, tetapi bisa meluas ke berbagai tempat di mana terdapat kegiatan masyarakat. "Katakanlah suatu saat kita jemput bolanya di masjid, di gereja, jadi masyarakat itu bisa terlayani semua," katanya. Turut mendampingi Nuryakin dalam peninjauan tersebut, Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin dan Dandim 1016/Palangka Raya Kolonel Inf Rofiq Yusuf. Tampak pula sejumlah Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalteng, antara lain Kepala Dinas Kesehatan Suyuti Syamsul, Kepala Satpol PP Baru I Sangkai, Plt. Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Erlin Hardi.

Selepas meninjau vaksinasi di Tugu Soekarno, Plt. Sekda Kalteng bersama Kadinkes, Kasatpol PP, dan Plt. Kalaksa BPBPK kemudian melakukan peninjauan ke Pusat Kuliner yang berada di Jalan Yos Sudarso sekaligus menyosialisasi penerapan protokol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.